Event Desa

MAHASISWA KKN TIM I UNDIP 2019 KUNJUNGI PERANGKAT DESA PEGUNDAN

Penerimaan Mahasiswa KKN TIM I Undip 2019
oleh Kepala Desa Pegundan Bapak Sutrisno

PEMALANG – Mahasiswa Tim I KKN Undip 2019 melakukan kunjungan ke Balaidesa Pegundan pada Selasa (08/01/2019). Kunjungan pada minggu pertama ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan survei yang dilakukan Tim KKN Desa Pegundan dalam menggali informasi mengenai permasalahan dan potensi desa yang ada.

Tim I KKN Undip 2019 Desa Pegundan terdiri dari sembilan mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Sains dan Matematika, dan Fakultas Kedokteran. Kunjungan diawali dengan perkenalan antara Tim KKN Desa Pegundan dengan perangkat desa dan pengenalan wilayah serta potensi Desa Pegundan. Perangkat desa memberikan informasi mengenai jumlah warga dan instansi terkait yang ada di Desa Pegundan.

Desa Pegundan memiliki ±14.000 jiwa penduduk. Pada bidang kesehatan, kegiatan Posyandu dan Polindes sudah berjalan baik. Total ada empat pos Posyandu dan dilaksanakan dua kali dalam satu bulan. Organisasi masyarakat desa yang ada di antaranya adalah PKK dan Karang Taruna. Kedua organisasi tersebut sudah sangat aktif sehingga diharapkan dapat berkoordinasi dengan mahasiswa dalam melaksanakan program. Potensi desa yang ada adalah pembudidayaan jahe merah dan hasil olahannya yang berupa sirup jahe merah sudah mulai dipasarkan ke luar Pemalang.

Mahasiswa KKN TIM I Undip 2019 melakukan
silaturahmi ke kediaman Kepala Desa Pegundan.

Kunjungan dilanjutkan dengan silaturahmi pada empat kepala dusun. Karakteristik masyarakat yang ramah membuat perbincangan tidak hanya seputar program yang akan dilakukan, tetapi lebih kepada adat dan kebiasaan yang ada di masyarakat Desa Pegundan.

Ditulis oleh Tiara Hasna Salsabila

Desa Pegundan 10 Januari 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *