Event Desa

MENCEGAH RESIKO IBU HAMIL DENGAN ANEMIA, MAHASISWA KKN UNDIP MEMBANTU SHARING INFORMASI KELAS IBU HAMIL

Mahasiswa Ilmu Keperawatan membantu melakukan pemeriksaan tekanan darah pada ibu hamil

PEMALANG-Sabtu (09/02/2019) Mahasiswa KKN Undip Tim I membantu kegiatan kelas ibu hamil di Balai Desa Pegundan.

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kehamilan oleh bidan desa, dibantu dengan mahasiswa yang berasal dari bidang ilmu keperawatan. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tekanan darah, berat badan dan pemberian imunisasi.

Pukul 11.00 WIB, sesi senam ibu hamil dimulai. Ibu-ibu hamil yang telah melakukan pemeriksaan diminta untuk berbaris sesuai dengan usia kehamilan. Mahasiswa turut ikut memperagakan gerakan senam dan membantu ibu hamil  yang kesulitan melakukan gerakan.

Mahasiswa KKN Undip turut ikut memperagakan gerakan senam bagi ibu hamil

Kegiatan senam bagi ibu hamil ini bertujuan untuk mempersiapkan otot panggul dan melatih pernapasan saat bersalin. Senam ini juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak. Dengan adanya kegiatan ini, ibu-ibu hamil merasa lebih nyaman dan mendapatkan informasi lebih berkaitan dengan kehamilan.

Setelah sesi senam selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sharing mengenai info-info seputar kehamilan bersama bidan desa. Materi yang didiskusikan adalah resiko ibu hamil dengan anemia. Bidan desa kembali mengingatkan ibu-ibu hamil mengenai pentingnya mencegah anemia. Ibu hamil dihimbau untuk meminum minimal 90 tablet obat tambah darah selama kehamilan.

Ibu hamil yang memiliki hemoglobin (hb) di bawah 12 harus meminum lebih dari 90 tablet obat tambah darah selama kehamilan. Mahasiswa dari ilmu gizi juga memberikan masukan mengenai makanan-makanan yang sebaik dikonsumsi dan dihindari selama kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *