UMKM

SENTRA TBM JAHE MERAH SARI HUSADA DI DESA PEGUNDAN

Desa Pegundan merupakan desa yang terkenal dengan olahan jahe merah seperti sirup jahe merah, bubuk jahe merah dan enting-enting jahe merah. Olahan jahe merah tanpa pemanis buatan  ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kabupaten Pemalang khususnya kecamatan Petarukan. Bahkan, dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir ini produk olahan jahe merah yang dihasilkan telah tersebar di provinsi Jawa Tengah pada acara-acara tertentu. TBM jahe merah telah mengantongi ijin P-IRT dan label halal MUI.

  Produk olahan jahe merah tersebut dibuat dan dikembangkan oleh pasangan suami istri bapak Karyono dan ibuk Idoh yang berprofesi sebagai guru di Sekolah Dasar, selain itu bapak Karyono juga menjabat sebagai kepala sekolah di tempat beliau mengajar. Semangat yang tak pernah pudar dari pasangan suami istri ini tak diragukan lagi oleh warga desa, bermodalkan semangat dan belajar otodidak serta antusias mengikuti berbagai pelatihan, kini olahan jahe merah tersebut telah menjadi ciri khas desa Pegundan. Khasiat jahe merah bisa untuk mengatasi penyakit, yakni penyakit reumatik, alergi, stroke, asma dan lain lain. Produk TBM jahe merah ini dapat diperoleh di bukalapak dan rumah produksi di Jl. Merak RT 007 RW 05 Desa Pegundan. Produk dan informasi bisa menghubungi Pak Karyono 087764722254

TELUR ASIN ALA DESA PEGUNDAN

Desa Pegundan merupakan salah satu desa di Kabupaten Pemalang yang memiliki potensi dalam pengolahan telur itik. Pengolahan telur yang dimaksud yakni, telur asin. Usaha yang dirintis sejak Mei 2016 telah mengantongi ijin P-IRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang serta IUMK dari Diskoperindag Kabupaten Pemalang.   Telur asin Arinda sudah terkenal di Pemalang dan daerah sekitarnya. Ada dua varian yaitu telur asin oven rasa bawang dan asap rasa bawang. Diproses dengan teknologi baru dari telur mentah pilihan, tanpa menggunakan media tanah liat sehingga lebih bersih, higienis dan rasanya lebih nikmat.

Telur asin rasa bawang merupakan produk unggulan olahan makanan. Dengan menggunakan telur dari bebek pangon, dipadupadankan dengan bawang putih pilihan dicampur dengan bahan rempah-rempah lainnya menjadikan telur asin berkualitas. Proses masak telur dengan diasap memberi cita rasa tersendiri. Menggunakan kemasan kardus yang eksklusif, telur asin rasa ini memiliki dua pilihan yaitu doos isi sepuluh butir dan doos kecil ukuran enam butir.

Produk Arinda ini dapat diperoleh di toko “Arinda” perempatan pasar Pegundan, Kecamatan Petarukan, Pemalang atau di rumah produksi di Jl. Cendrawasih RT 003 RW 003 Desa Pegundan. Produk dan informasi dapat dilihat di website pukarafahpegundan.co.id atau lewat telepon di (0284) 3277249.